Blog ini terdapat beberapa cerita keseharian saya dan pemikiran-pemikiran yang saya tuangkan kedalam sebuah tulisan. Saya harapkan pembaca mau menuangkan komentar dan saran serta kritik agar saya sebagai penulis dapat lebih baik lagi.
Terima Kasih atas kunjungannya....



Sabtu, 19 Maret 2011

Rahasia Berpikir Einstein


“Akal Sehat Adalah Kumpulan Prasangka yang Diperoleh Menjelang Usia Delapan Belas Tahun” _Albert Einstein
Berbagai macam masalah berat dapat dipecahkan berkat satu prinsip universal yang merupakan inti dari belajar berfikir jenius: Anda Harus Melanggar Segala Macam Aturan.

Kalau anda tidak dapat memecahkan masalah , itu mungkin karena anda terperangkap dalam kemampuan aturan. Kita semua memiliki aturan, pola pola berfikir yang sudah tertanam yang keliru kita anggap sebagai kebenaran, aturan-aturan itu terbentuk secara alami.

Mungkin masalah-masalah anda bahkan lebih berat dari pada masalah Einstein, mungkin anda bersaing dengan orang-orang cerdas di lingkungan yang berubah-ubah setiap kali anda memikirkannya, mungkin tantangan anda tampknya mustahil. Tetapi ada jawabannya kalau anda dapat belajar melanggar aturan.  

Ternyata, Kemampuan memecahkan masalahnya menurun ketika pengetahuannya meningkat. Inovasi mencapai titik tertinggi ketika pengetahuan justru paling rendah. Orang yang bersedia melanggar aturan mampu memecahkan masalah-masalah yang mustahil.

“Tidak Banyak Orang Yang dapat Dengan Tenang  Mengungkapkan Pendapat-pendapatnya yang Berbeda dari Prasangka-prasangka Lingkungan Sosial Mereka, Kebanyakan Orang Bahkan Tidak Mampu Membentuk Pendapat-pendapat Seperti Itu” _Albert Einstein

Berfikir cara Einstein itu efektif karena hambatan terbesar dalam memecahkan masalah-masalah berat adalah di dalam kepala kita sendiri. Melanggar aturan itu sulit, inilah sebabnya ada begitu banyak orang cerdas tetapi begitu sedikit Einstein. Mungkin anda perlu melanggar aturan yang  anda junjung demi memecahkan masalah anda yang paling berat. Aturan yang perlu anda langgar mungkin saja melanggar akal sehat, tetapi melanggar akal sehat mungkin merupakan satu-satunya jalan memecahkan masalahnya. Melanggar aturan itu mengasyikan. Kalau anda belajar melanggar aturan yang menghambat anda, alam semesta menjadi milik anda.

“Manusia berusaha membuat bagi dirinya, gambaran tentang dunia yang di sederhanakan, yang intelejen, dengan cara yang paling cocok baginya; lalu ia berusaha menggantikan kosmosnya ini demi dunia pengalaman, dan oleh karenanya mengatasinya”. _Albert Einstein

Buku: Scott Thorpe

1 comments:

Wahyudin Bani Atmaja mengatakan...

Pandangan humanisme mengajarkan hanya dua alasan mengapa orang berperilaku yaitu karena norma atau karena pilihan. Berpikir cara Einsten dapat dilakukan kuhususnya untuk hal yang tak terkait dogma alias hal-hal yang terus layak diperbaharui seperti seni dan teknologi..

Posting Komentar

Followers

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls